Rabu, 13 Oktober 2010

Apa itu INTERNET ?

INTERNET ? Apa sih itu ? Mungkin 10 tahun yang lalu istilah ini masih asing didengar bahkan disebut orang-orang. Tapi coba kita lihat, dari bocah berumur 3 tahun sampai opa-opa yang umurnya 70 tahun mengenal bahkan akrab dengan INTERNET.
Okeh .. Coba kita berfikir ? sejak kapan sih internet ada ? apa sih intenet itu ? dan bagaimana cara kerjanya agar kita dapat menikmati internet ??
Jangan cuma bisa menikmati tapi tidak tahu apa itu internet ..
Bukan maksud menggurui atau mengajari ! saya hanya ingin mensharing ilmu yang saya punya kepada teman-teman sekaligus menyelesaikan tugas yang diberikan dosen kepada saya. hehehe :D


INTERNET ??


Secara sederhana, Internet adalah kumpulan dari jutaan komputer di seluruh dunia yang terkoneksi antara yang satu dengan yang lain. Media koneksi yang digunakan bisa melalui sambungan telpon, serat optik (fiber optic), kabel koaksial (coaxial cable), satelit atau dengan koneksi wireless.
internet dirancang untuk menghubungkan antar jaringan-jaringan yang berbeda tersebut dan memungkinkan terjadinya pertukaran informasi antar pengguna secara bebas. Hal ini dapat terjadi dengan penambahan satu komputer router yang bertugas menghubungkan antar jaringan yang berbeda. Untuk dapat berkomunikasi dengan baik, diperlukan sebuah protokol yang mengatur bagaimana proses petukaran data berlangsung. Protokol jaringan terbaru yang digunakan di internet adalah TCP/IP.

KAPAN INTERNET PERTAMA KALI DIGUNAKAN ??
Awal mula teknologi internet dimulai pada tahun 1969, saat Departemen Pertahanan (DOD) Amerika Serikat mendanai sebuah proyek penelitian jaringan komputer yang dilakukan oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA). Penelitian ini bertujuan untuk membangun jaringan komputer berskala nasional(Amerika) yang memungkinkan agen-agen pemerintah dan militer saling berkomunikasi dan berbagi informasi walaupun masing-masing agen menggunakan tipe jaringan yang berbeda.

BAGAIMANA CARA KERJA INTERNET ??

Bila anda mengetahui tentang kerja dari sebuah jaringan, lebih sedikit suara akan keluh kesah mengenai lambatnya konektivitas atau pun yang lainnya. Mengingat banyaknya faktor yang mempengaruhi kualitas dari sebuah koneksi seperti halnyakabel jaringanjenis dan kualitas modemjarak jangkauan ( misalnya ISP ada di Jakarta dan clientnya ada di Surabaya ), dan lain sebagainya.Bagaimana Cara Kerja Internet



Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
  • Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk
  • Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messagingchatting
  • Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) dan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

sumber : http://www.yousaytoo.com/bagaimana-cara-kerja-internet/199484 ; 
http://faculty.petra.ac.id/dwikris/docs/desgrafisweb/www/1-apaitu_internet.html .
gambar http://cakwid.net/wp-content/uploads/2008/02/share_internet_cable.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar