Senin, 26 Maret 2012

"My Pulau" Social Network buatan anak bangsa Indonesia

Perkembangan social media atau jejaring sosial saat ini memang tidak bisa diperkirakan lagi. Dari dulu awalnya dengan Friendster dan MySpace, kini sudah sangat booming dan familiar di telinga kita para pengguna internet yakni Facebook dan Twitter yang sudah menggeser keberadaan social network pendahulunya. Sebelumnya sejak kepopuleran Friendster direbut Facebook, sekarang Friendster sudah menjadi social media untuk para gamers.
Kemudian ada beberapa social media buatan anak bangsa yang dalam satu ini penulis mengambil contoh, My Pulau.

My Pulau adalah sebuah situs jejaring sosial yang dibuat oleh salah satu penyedia jaringan seluler yang ada di Indonesia. Situs ini dibuat pada bulan November 2007, namun kemudian mengalami peremajaan ulang pada tanggal 14 November 2009 dan diluncurkan di Pulau Anyer, Kepulauan Seribu. Selain itu, situs ini juga memiliki versi WAP yang memungkinkan telepon seluler bisa mengaksesnya. Seperti namanya, situs ini menggunakan konsep kepulauan sebagai dasar tampilannya. Dengan menggunakan email atau nomor telepon selular, pengguna bisa mendaftar untuk menggunakan fitur-fitur yang ada di dalamnya. Bahasa Indonesia menjadi bahasa utama dalam penjelasan berbagai menu yang ada di dalamnya.

Website


Pada awal-awal muncul pada tanggal (dari November 2007 kalo ga salah) Halaman awal pada situs ini menampilkan Kepulauan Indonesia dengan Pulau Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi, dan Irian sebagai 5 pulau terbesar dan pulau-pulau kecil di sekitarnya. Dengan menggerakkan kursor di atas pulau tersebut, maka akan muncul penjelasan tentang propinsi yang ada di bawahnya. Propinsi yang ditampilkan adalah Propinsi Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan Sumatera Selatan (untuk Pulau Sumatera), Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur (untuk Pulau Jawa), Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, dan Kalimantan Timur (untuk Pulau Kalimantan), Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sulawesi Tenggara (untuk Pulau Sulawesi), Papua dan Papua Barat (untuk Pulau Irian), sedangkan Bali, NTT, NTB, dan Flores menjadi satu. Penjelasan pada masing-masing tempat berbeda-beda mulai dari makanan khas, tempat wisata, keadaan alam, hingga kebudayaan di daerah tersebut. Pengguna dapat memilih salah satu pulau untuk memulai mendaftar. Selain itu pada halaman awal juga terdapat link tentang berita-berita terkini mulai dari berita bisnis, ekonomi, olahraga, teknologi, hingga gaya hidup.

Kaya gini gan :D
 Kemudian pada tahun 2011 MyPulau.com akhirnya muncul dengan tampilan baru seperti ini ;)

Profil


Di situs ini, pengguna dapat memasukkan deskripsi tentang diri mereka, seperti, data pribadi, nomor telepon yang bisa dihubungi, musik dan film yang digemari, makanan dan minuman yang disukai, tempat tujuan wisata, bahkan pahlawan idolanya. Selain itu, pengguna juga dapat mengunggah foto dan video mereka untuk ditampilkan. Untuk video, pengguna dapat mentatutkannya dengan YouTube. Pengguna dapat menambah teman dengan mengajak melalui surat elektronik ataupun dengan mengetikkan nama seseorang pada kolom My Friends dengan mengklik tombol “cari teman”. Di samping itu, terdapat pula my groups yang memungkinkan pengguna untuk bergabung pada grup yang telah ada atau bahkan membuat grup mereka sendiri. Layanan my calendar pada situs ini memudahkan pengguna untuk dapat menyusun jadwal-jadwal mereka. Dengan layanan ini pula pengguna dapat membuat sebuah acara yang dapat langsung diteruskan kepada teman yang akan mereka undang. Pada layanan my blog, pengguna dapat menulis apa saja seperti umumnya pada blog. Pengguna dapat menghubungkan blog dengan alamat surat elektronik mereka untuk mendapatkan pemberitahuan tentang pemberian komentar atau respon terhadap blog. Untuk dapat berinteraksi dengan teman, terdapat layanan my message agar antar pengguna dapat saling mengirim pesan. Selain itu, pada kolom buku tamu, pengguna dapat menulis catatan ketika antar pengguna saling melihat profil mereka. Profil pengguna dilambangkan dengan sebuah pulau besar dengan pulau-pulau kecil di sekelilingnya. Pulau berwarna biru untuk menunjukkan teman dan pulau berwarna kuning untuk menunjukkan grup yang telah pengguna ikuti.

Fitur


 Mypulau memiliki berbagai fitur yang ditawarkan, salah satunya pemersatu status sosial (Social Status Integrator). Dengan itu, pengguna dapat memperbarui statusnya di Mypulau, Facebook, Friendster, maupun Twitter sekaligus. Selain itu, terdapat my interest yang memudahkan pengguna untuka dapat bergabung pada sebuah komunitas, misalnya komunitas Bike2Work, komunitas fotografi, komunitas musik, komunitas otomotif, komunitas pecinta buku, komunitas olahraga, komunitas bisnis, komunitas seni, dan lain-lain. Dengan itu, pengguna akan mendapatkan informasi kegitan tentang komunitas yang diikutinya memalui kalender acara(calendar event). Pada fitur my buys, pengguna dapat melakukan buy utilities (BU) untuk telepon seluler mereka, misalnya membeli nada dering, logo operator, permainan, gambar dinding, ataupun pesan gambar. BU dapat dilakukan dengan menggunakan "coco" (semacam mata uang yang digunakan pada situs ini). Coco dapat diperoleh apabila pengguna melakukan aktivitas, misalnya memberi komentar pada teman, mengajak teman untuk bergabung melaui surat elektronik, mengunggah foto, atau membuat grup. Selain itu, terdapat pula fitur my moods yang memudahkan pengguna untuk menunjukkan perasaannya pada saat itu dengan pilihan simbol cuaca. Terdapat lima pilihan cuaca, yaitu sunny dengan lambang matahari yang berarti senang, breezy dengan lambang matahari berangin yang berarti dalam kondisi baik, cloudy dengan lambang matahari berawan yang berarti biasa saja, rainy dengan lambang awan hujan yang berarti sedih, dan stormy dengan lambang awan hujan badai yang berarti kesal. Seperti Plurk, Mypulau juga menggunakan sistem reputasi dimana pengguna awal mendapatkan status penduduk (citizen) yang kemudian dapat berubah menjadi Pulau Master seiring dengan naiknya aktivitas pengguna. Dengan layanan chatting, dapat melakukan percakan secara langsung kepada teman pengguna Mypulau yang sedang online pada saat itu.

Pengguna


Berdasarkan alexa.com (12 Maret 2010), Mypulau menduduki peringkat 290.208 di seluruh dunia dan peringkat 9.412 di Indonesia. Penggunanya sebagian besar berusia 18 sampai 34 tahun. Berdasarkan pendidikan, pengguna sedang bersekolah menduduki persentase terbanyak dibandingkan dengan yang telah lulus sekolah atau yang tidak sekolah. Berdasarkan jenis kelamin, pengguna perempuan lebih banyak daripada laki-laki. Sedangkan untuk tempat aksesnya, sebagian besar pengguna Mypulau mengaksesnya dari rumah, diikuti dengan sekolah, dan tempat kerja.


Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Mypulau

Tidak ada komentar:

Posting Komentar